MENU

Rabu, 22 Januari 2014

cara mempercepat komputer {*!*}




1. Hapus atau UnInstal Software/program yang tidak Penting (tidak/jarang digunakan).
Jika anda merupakan orang yang suka berselancar di dunia maya mungkin anda sering kali dengan sengaja atau tidak sengaja mendownload software dari internet kemudian menginstalnya di komputer yang anda miliki. Anda mungkin saja sebenarnya tidak membutuhkan software-software ini, namun tanpa kesengajaan anda menginstalnya kemudian tidak pernah menggunakannya. Untuk pengguna Windows 7 coba buka start-control panel-remove or add program-dan temukan berbagai macam program yang tidak pernah anda gunakan disana, hapuslah progarm yang tidak pernah anda gunakan tersebut. Dengan menghapus program secara otomatis ruang penyimpanan anda akan bertambah, selain itu biasanya suatu program yang telah terinstal akan berintregasi dengan OS yang anda gunakan. Ada sebagian software yang otomatis membuka saat komputer dihidupkan dan ada juga software yang terbuka dalam modus background (tersembunyi) tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Program-program seperti inilah yang biasanya memperlambat kinerja komputer anda.

2. Gunakanlah Anti-Virus terpercaya
Sebuah Anti-Virus bisa melindungi komputer anda dari program jahat yang ada di dunia komputer. Selain digunakan untuk tujuan jahat seperti mencuri data Virus juga sering digunakan untuk iseng dan memperlambat kinerja komputer korban. Misalnya saja virus Sorchut, virus ini akan selalu memperganda dirinya sendiri ketika ada disk baru yang terdeteksi. Virus ini akan berjalan di modus background sehingga anda tidak akan tau saat virus ini sedang aktif di background. Selain memakan disk penyimpanan virus ini juga memperlambat kinerja komputer anda karena akan secara otomatis hidup saat komputer dihidupkan dan bekerja di background. Dengan anti-virus yang terinstal di komputer akan sangat kecil kemungkinan bagi virus ini untuk bisa menyerang komputer anda. Gunakanlah Anti-Virus yang sudah teruji di dunia untuk hasil yang lebih baik.

3. Stop/hentikan program yang berjalan di background ketika tidak dibutuhkan
Banyak program yang berjalan di backround, misalnya saja sebuah program Internet Download Manager atau oleh sebagian orang kerap memanggilnya dengan nama IDM. Mungkin ketika sedang berinternetan program semacam ini sangat diperlukan, namun ada kalanya ketika anda sedang offline dan tidak membutuhkan program ini. Untuk mematikan program ini sementara anda bisa dengan membuka Task Manager kemudian End Proces dari IDM. Ketika anda membutuhkannya kembali anda bisa merestart Komputer anda.

4. Jangan terlalu banyak menaruh Icon di desktop
Dulu saya menaruh semua icon di desktop sampai-sampai desktop terlihat penuh dan buruk sekali untuk di lihat. Menaruh icon didesktop memanglah dapat memudahkan kita untuk segera dengan cepat bisa membuka program yang kita inginkan. Sekarang  cobalah untuk memindahkan icon-icon tersebut ke tempat lain, misalnya saja di harddrive. Apa bedanya menyimpan icon di ruang penyimpanan dan disk anda? Bedanya komputer akan lebih cepat dan selain itu icon yang disimpan didesktop tersimpan di system C, sedangkan anda bisa memindahkannya ke disk data D.

5. Hapus isi dari tong sampah (recycleBin)
Semakin banyak file yang kita hapus maka akan semakin banyak file yang ditampung di tempat daur ulang (RecycleBin). Menurut pengalaman pribadi Laptop teman saya saat dihidupkan membutuhkan waktu yang sangat lama, setelah bertanya kepada teman yang mengambil jurusan TKJ (menyangkut hal komputer) kemudian teman saya disuruh membuka recycleBin dan disana terdapat ratusan atau bahkan ribuan file. Pantas saja selama ini disk C penuh ternyata file yang dihapus hanya di pindahkan ke recycleBin. Dihapuslah seluruh isi RecycleBin dan akhirnya Laptop saat di hidupkan terasa lebih cepat. Lagi pula file yang berada di recycle Bin merupakan sile yang sudah kita hapus dan tidak kita butuhkan lagi, jadi buat apa disimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar